PSN di Halim Perdana Kusuma Dibarengi Pemeriksaan Kesehatan

By Al


nusakini.com - Jakarta - Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) digelar di RW 03, Kelurahan Halim Perdana Kusuma, Makasar, Jakarta Timur. 25 petugas gabungan dikerahkan dalam kegiatan tersebut

Lurah Halim Perdana Kusuma, Eric Dasya Refanda mengatakan, kegiatan PSN ini melibatkan kader Posyandu, Jumantik, Juru Pemantau Batuk (Jumantuk), kader PKK, petugas PPSU, pengurus RT/RW, Satpol PP dan Puskesmas.

"Pelaksanaan PSN hari ini dibarengi dengan layanan pemeriksaaan kesehatan warga. Ini untuk mencegah adanya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Tuberkulosis (TB)," ujarnya

Dijelaskan Eric, untuk aksi bersih-bersih lingkungan dilakukan dengan membersihkan saluran air serta mengumpulkan barang-barang bekas yang tidak terpakai agar tidak menjadi sarang nyamuk.

"Sedangkan pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh dokter Puskesmas Halim 1 dengan memeriksa tensi darah, detak jantung hingga menanyakan masalah riwayat penyakit yang pernah diderita warga," katanya.

Ketua RW 03 Halim Perdana Kusuma, Kapten Taufik Hidayat menambahkan, pihaknya rutin melakukan PSN setiap hari Jumat. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan dua petugas juru pemantau batuk, untuk mencegah adanya penyakit TB.

"Kami juga mengajak warga untuk selalu menjaga kebersihan dan aktif melakukan PSN di lingkungannya masing-masing," tandasnya.